Selasa, 19 Februari 2008

Bisnis Internet…? Emang bisa bikin untung...Rp.?

Bisnis Internet…? Emang bisa bikin untung...Rp.?

Millions of people all over the world are making money online, with just a computer and a few hours a week.


Mungkin sebagian daripada anda pernah melihat atau mendengar kalimat yang serupa dengan slogan diatas, atau mungkin anda sudah terlalu sering melihat dan mendengarnya. Itu pula yang aku alami, hampir disetiap surfing di internet selalu saja ada orang atau mesin otomatis yang menawarkan secara berulang (spam…?) dengan kalimat yang berbeda namun maksud dan tujuan yang sama, yaitu mengajak aku untuk bergabung dengan bisnis internet yang terkait. Pada awalnya saya cukup tertarik dengan slogan dan iming-iming iklan tersebut, namun setelah diikuti dan dipelajari dengan seksama, ternyata ehm…. Maaf ya, GA ASIK AH, susah dapat untung malah nombok bayar Internet.

Walaupun begitu rasa penasaran aku terhadap perkembangan bisnis internet, makin menjadi-jadi. So, aku putusin buat nyari-nyari informasi yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi aku. Mudah-mudahan dapat bermanfaat juga bagi anda sekalian. Kamu

Prinsip atau filosofi bisnis online (Joko Susilo, ST):
1. Sebelum memulai bisnis, pastikan produk atau program yang anda miliki/ikuti benar-benar membawa manfaat. Setiap rupiah yang mereka keluarkan untuk anda harus sepadan dengan manfaat yang akan mereka terima. Dengan begitu anda bisa jalankan bisnis ini dengan sepenuh hati tanpa perasaan bersalah.
2. Saat memulai bisnis gunakan panduan yang telah terbukti berhasil. Penduan itu akan menjadi pembimbing ampuh untuk menghindarkan anda dari banyaknya kesalahan di tengah jalan nanti. Selain itu, anda akan diberikan langkah-langkah strategis yang bisa mempercepat laju kesuksesan anda dalam berbisnis.
3. Tanamkan dalam benak anda, bahwa bisnis online hanyalah sebuah permainan angka. Gunakan formula TES, UKUR dan OPTIMASI, untuk membuat bisnis anda cepat meledak. Tes strategi baru, ukur hasilnya dan optimasi sesuai hasil. Ulang terus menerus sampai anda menemukan strategi yang paling ampuh untuk bisnis anda.
4. Miliki hasrat yang menyala dalam diri anda untuk sukses. Karena ini akan menjadi motivasi terbesar anda dalam berjuang. Walaupun bisnis anda jalankan di sela-sela pekerjaan utama, lakukan dengan focus. Jalankan dengan ketekunan, sekecil apapun langkahnya. Dan yang terpenting, saat anda menemui kendala di tengah perjalan menuju sukses, jangan gampang menyerah.

Strategi pemasaran terpenting yang sangat mempengaruhi bisnis :
1. Website replikasi, membuat bisnis meledak dalam waktu singkat
2. Optimasi search engine, yang akan mendatangkan pengunjung tanpa melakukan promosi terus menerus.
3. Menangkap data kontak, yang akan memungkinkan kita meng-follow up mereka berulang kali sampai mereka membeli produk kita.
4. Melakukan kerjasama dengan orang lain.

Menetukan panduan bisnis internet, pastikan untuk mengetahui beberapa criteria website penyedia panduan tersebut.
1. Apakah pemilik website tidak menyembunyikan identitasnya di balik websitenya? Artiya, apakah dia berani menampilkan siapa dia sebenarnya, foto, alamat, nomor telepon atau hal lainya yang menunjukkan bahwa dia tidak menyembunyaikan identitasnya.
2. Apakah dia benar-benar mengalami keberhasilan dengan mengikuti panduan yang dia tulis sendiri? Apakah dia berani menampilkan bukti penghasilnya sebagai tolok ukur keberhasilannya.
3. Apakah dia dikenal dan mempunyai reputasi bagus didunia internet marketing. Berapa lama dia online? Dan artikel apa saja yang sudah dia tulis dan tersebar di internet.
4. Seberapa banyak orang merekomendasikan website/produk dia di internet. Anda bisa cari datanya dengan memasukkan kata kunci nama websitenya ke dalam mesin pencari Google.com. Jika anda menemukan banyak orang merekomendasikan produk tersebut, bisa jadi produk itu memang bagus.
5. Apakah prestasinya bisa dibuktikan secara nyata? Missal, berapa jumlah subscriber yang bisa dia raih setiap harinya? Berapa jumlah kunjungan yang dia hasilkan. Dan apakah dia bisa melakukan optimasi search engine sehingga di kata kunci tertentu dia berhasil menempati posisi pertama hasil pencarian?

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger